Mengolah Data Psikologis Pemain Sepakbola


Apa saja yang data penting yang dikumpulkan berkaitan dengan pemain sepakbola? pertanyaan itu mungkin menjadi sesuatu yang menggelitik mengingat sifat permainan sepakbola yang begitu dinamis dan selalu berkembang serta banyak sekali faktor yang mempengaruhi. Selain itu, faktor teknis dan kapasitas fisik pemain sepakbola juga menjadi elemen yang harus menjadi pertimbangan utama dalam proses pengumpulan data.

Secara umum, data yang harus dikumpulkan tidak jauh berbeda dengan data-data psikologis dalam bidang yang lain. Yang membedakan adalah kebutuhan permainan, sehingga elemen-elemen psikologis tersebut harus betul-betul disesuaikan dengan kebutuhan permainan. Konsep motivasi harus dipandang dari sudut pandang sepakbola, bukan sekedar motivasi secara umum, begitu juga dengan kepercayaan diri, kecemasan atau elemen lain. Semua data yang terkumpul haruslah beriringan dengan kebutuhan permainan itu sendiri. Disanalah seorang mental trainer atau mental coach harus memahami betul permainan ini.

Sebagai contoh, konsep kepercayaan diri harus dilihat dari sudut pandang taktikal, teknikal maupun fisikal. Konsep kepercayaan diri pemain sepakbola harus berkaitan dengan setinggi apa kemampuan teknis dan serta kemampuan pemain dalam menerapkan logika taktikal di lapangan. Terkadang seorang pemain sepakbola mempunyai kelemahan dalam public speaking atau bergaul, tapi ketika di lapangan mereka menjelma menjadi sosok pembeda.

Kemampuan fokus dan konsentrasi juga harus terkait dengan kebutuhan konsentrasi serta fokus dalam permainan sepakbola. Seberapa tinggi level konsentrasi yang harus dilakukan oleh seorang pemain sepakbola saat bermain. Kemampuan fokus seorang pemain sepakbola merupakan hal yang sangat vital, karena dengan kecepatan dan dinamika permainan yang begitu cepat sepakbola menuntut pemainnya mempunyai fokus yang tepat pula.

Data-data tersebut akan menjelma menjadi dinamika yang spesifik yang dibutuhkan dalam sebuah permainan sepakbola. Selain itu, yang harus diperhatikan adalah sifat turnamen dan kompetisi yang akan diikuti, setiap kompetisi dan turnamen menciptakan kebutuhan aspek mental yang berbeda-beda. Untuk lebih detailnya, akan dibahas dalam tulisan berikutnya yang bertema intervensi psikologis pemain sepakbola.

Dalam proses pengelolaan data, yang harus menjadi perhatian utama adalah sumbangan terhadap proses latihan dilapangan. Data-data psikologis tersebut harus menjadi saran dan masukan kepada pelatih dalam proses pemberian materi latihan. Data-data psikologis tidak akan berfungsi apapun jika tidak bisa digunakan sebagai saran kepada pelatih untuk menentukan menu latihan.

Integrasi antar elemen dalam sepakbola inilah yang membuat sebuah proses pelatihan sepakbola menjadi sesuatu yang menarik. Permainan sepakbola tidak bisa dipenggal-penggal menjadi elemen-elemen kecil yang tidak berhubungan secara langsung. Semua elemen harus berjalan bersama-sama dan harmonis, seperti halnya sifat permainan yang harmonis dan saling terkait satu dengan yang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s