Asesmen Psikologis untuk Pemain Sepakbola!


Asesmen merupakan proses awal kerja dalam konteks psikologi di cabang olahraga. Proses asesmen menjadi vital karena akan menentukan prosedur intervensi yang berikutnya. Di cabang olahraga, situasi menjadi lebih rumit lagi, karena informasi yang dikumpulkan tidak sekedar berkaitan dengan aspek psikologis semata, tapi juga harus menggabungkannya dengan informasi-informasi yang bersifat teknis permainan.

Secara umum, proses asesmen juga melibatkan alat-alat asesmen standar, seperti tes, wawancara maupun observasi. Lebih ideal, jika alat-alat tersebut sudah mengarah pada kebutuhan permainan sepakbola secara langsung, sehingga data yang diperoleh dari seorang pemain merupakan data yang bisa langsung cocok dengan profesi yang digelutinya.

Tingkat kesulitan dari proses asesmen dari satu orang ke orang yang lain akan sangat berbeda. Hal itu karena memang sepakbola sendiri merupakan cabang olahraga yang sangat kompleks dan melibatkan berbagai macam aspek yang saling terkait satu dengan yang lainnya. Ada kalanya seorang pemain mempunyai kondisi mental yang baik, namun kurang dalam hal skills maupun fisik, dan atau sebaliknya.

Kondisi itulah yang membuat seorang mental trainer atau mental coach harus betul-betul memahami dinamika permainan sepakbola dan teknis kepelatihan secara general. Memang seorang mental coach atau psikolog tidak harus mempunyai keahlian dalam melatih, namun mau tidak mau mereka harus mempunyai pengetahuan yang memadai tentang aspek taktik, teknik, fisik dan semua hal yang berkaitan dibelakang pembangunan sebuah tim sepakbola.

Kunci utama dari proses asesmen adalah kepekaan, baik kepada individu dan semua hal yang melingkupinya maupun terhadap kemampuan dan kebutuhan teknik, taktik serta fisik dalam cabang olahraga sepakbola.

Guntur Utomo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s