Bukti Mental Juara Le Cong Vinh


Kompas. 30/12/2008

Striker Vietnam, Le Cong Vinh, bukan pemain terbaik di Piala AFF Suzuki 2008. Itu keputusan panitia yang lebih memilih kiper Vietnam, Duong Hong Son, sebagai pemain terbaik turnamen tersebut. Namun, publik sepak bola Vietnam tidak akan lupa: Vietnam juara Piala AFF 2008 berkat gol tunggal Vinh ke gawang Thailand pada final kedua di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Minggu (28/12).

Sundulan tipis Vinh, sambil membelakangi gawang, pada menit terakhir tersebut membuat semua suporter Vietnam di stadion itu meledak dan terbakar dalam ekstase kegembiraan. Sebagai striker, ia kalah produktif dari Teerasil Dangda (Thailand), Agu Casmir (Singapura), dan Budi Sudarsono (Indonesia)-masing-masing mencetak empat gol.

Pemain kelahiran 10 Desember 1985 itu hanya mencetak dua gol di turnamen ini. Satu lagi golnya diceploskan pada final pertama saat Vietnam memukul Thailand 2-1 di Bangkok. Vinh dikenal sebagai striker dengan kualitas teknik yang tidak menonjol. Namun, satu hal yang membuatnya menjadi salah satu striker paling ditakuti di Asia Tenggara adalah kemampuannya menyuntikkan mental juara kepada timnya.

Dalam usia 23 tahun, ia telah menjadi pahlawan Vietnam. Di Piala Asia 2007, Vinh menyumbangkan gol saat Vietnam menekuk Uni Emirat Arab 2-0, pembuka jalan mereka ke perempat final.

Pada Maret lalu Vinh terpilih sebagai Pemain Terbaik Vietnam 2007. Itu gelar ketiga yang diraihnya setelah 2004 dan 2006, menyamai striker Le Huynh Duc. “Saya akan coba yang terbaik untuk mencetak rekor baru dan mempersembahkan lebih banyak gelar bagi timnas,” ujar Vinh saat itu. Tak sampai setahun, janji itu telah dia penuhi di Piala AFF 2008. (SAM)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s