Selamat Datang di Kajian Psikologi Olahraga Indonesia!


Selamat Datang..

Banyak orang mengatakan “Practice makes Perfect” atau latihan akan membuat sesuatu menjadi sempurna. Demikian juga di dunia olahraga. Latihan yang rutin akan membuat atlet mendapat prestasi yang tinggi. Lihat saja kisah-kisah atlet-atlet besar yang namanya harum lantaran prestasinya yang luar biasa. Rata-rata, mereka menghabiskan masa muda untuk berlatih, berlatih dan berlatih.

Namun, dalam iklim persaingan olahraga yang semakin ketat semacam ini, latihan saja ternyata tidak cukup. Harus ada dukungan dari berbagai cabang ilmu pengetahuan untuk membangun seorang atlet yang berprestasi. Ilmu fisik, nutrisi, kesehatan, sampai dengan psikologi olahraga. Tujuannya adalah menciptakan sebuah menu latihan yang tepat sasaran sehingga bisa memunculkan penguasaan ketrampilan berolahraga dengan baik.

Ilmu psikologi secara khusus menyediakan gambaran utuh mengenai jiwa dan mental seorang atlet. Melalui pendekatan-pendekatan cabang ilmu ini, seorang atlet bisa dipetakan kondisi mental mereka. Baik dari sisi kepribadian, sikap sampai dengan gangguan-gangguan kejiwaan yang mungkin muncul akibat beratnya persaingan. Ilmu psikologi yang secara khusus berkaitan dengan olahraga inilah yang kemudian dikenal dengan nama “Psikologi Olahraga”.

Melalui blog ini, isu-isu seputar dunia psikologi olahraga akan diulas. Mulai dariĀ  motivasi pemain, kecemasan, unsur kepribadian, sampai dengan gangguan-gangguan kejiwaan yang mungkin dialami oleh seorang atlet. Untuk konteks olahraga Indonesia, blog ini berusaha membantu memberi masukan untuk para pelatih, pembina, dan para pejabat olahraga yang menentukan kemajuan olahraga Indonesia, tentu saja dengan pendekatan Ilmu Psikologi olahraga.

Blog ini juga bercita-cita menjadi referensi bagi berkembangnya ilmu psikologi olahraga di Indonesia. Untuk itu, pengelola mengundang semua pihak untuk ikut berpartisipasi dalam pengembangan blog ini. Melalui tulisan-tulisan, ulasan-ulasan dan kritik-kritik yang berkaitan dengan olahraga dari sudut pandang psikologi akan sangat berguna bagi perkembangan olahraga Indonesia.

Sekali lagi, semoga dengan kajian yang lebih rutin dan kritis terhadap ilmu psikologi olahraga Indonesia maka dunia olahraga di negeri ini akan semakin maju. Efeknya, kebanggaan bangsa yang kita banggakan bisa tercapai..semoga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s